Pages

Friday, August 12, 2016

Tiga Tahun Bersamamu

Sudah tiga tahun bersamamu, pertanyaannya Apa yang sudah kuberikan kepadamu ? karena kalo apa yang sudah kamu berikan padaku tidak usah ditanyakan lagi, sudah banyak banget kok yang sudah kamu berikan,

Banyak cerita di tiga tahun ini, jika ku hitung selama bersamamu aku sudah ganti pasangan sebanyak 5 kali, dan sempat jomblo selama beberapa bulan, tapi sejak 1 agustus kemaren aku dijodohkan lagi dengan pasangan yang dulu sempat bersamaku.

Dimulai aku berpasangan dengan Mustaan, dialah yang mengajari ku design ban. Bersama beliau aku belajar design ban, preparation study, membuat contour, draft process, 2C process, cek material, dan building. Ibarat pemain sepak bola dengan mengawali debutnya dengan bermain di tim tertentu, aku juga mengawali debut sebagai designer  ban dengan mendesign size PSR 155/70 R12 150EZ.
Ban ECOPIA 150EZ terakir yang dilahirkan di pabrik bekasi.

Proyek pertama kami di Awal 2014 adalah melahirkan ban dengan kembangan MULTIHAWK. Ada beberapa size yang akan kami lahirkan di bekasi. Kalo ga salah sekitar 8 size. Namun pada awal april ada rotasi job yang memaksa aku berpisah dengan bapak taan. Padahal proyek selesai dan sebagai penggantinya adalah bapak warno.
Multihawk

Pak warno masuk di BS pada tahun 2001 namun di bagian size baru dia adalah orang baru. Sebuah tantangan bagiku, disaat aku baru bekerja selama 5 bulan aku harus menjadi tulang punggung di size baru. Sebenarnya ada pak indra Cahyono sebagai seniorku yang akan di plot sebagai Ass chief. tapi beliau banyak mengerjakan hal-hal yang berhubungan dengan jepang.. Berpasangan dengan pak warno bisa dibilang aku bekerja sendiri. yaaaah begitulah ga usah tak critain.. hihi..
Satu demi satu MULTIHAWK lahir dibekasi. dan mulai produksi masal. Alhamdulillah proses kelahiran pun berjalan lancar dan tidak banyak ban yang cacat. Oh iya MULTIHAWK ini tujuan penjualanya adalah export ke eropa.

Proyek selanjutnya adalah melahirkan DAYTON. Pengalaman kerja selama satu tahun otomatis mempermudah aku dalam menyelesaikan pekejaan baik secara teknis maupun non-teknis. masalah non teknis itu misalnya komunikasi dengan orang produksi (mandor, operator, drum adjusman, transfer). Kembali lagi ke DAYTON. Ban dengan tujuan japan replace ini secara design tidak ada yang rumit. Pada end 2014 trial untuk DAYTON hampir selesai semua dan siap di massprokan.


Dayton

Sebenarnya di sela-sela proyek melahirkan dayton kami juga trial POTENZA . Ban ini bisa dibilang ban passangger paling mahal yang diproduksi di bekasi plant. Bagaimana tidak ban ini mampu memacu mobil dengan kecepatan 250 km/jam. Secara konstruksi tidak jauh beda namun toleransi pengukuran pada ban ini lebih ketat. Lihat saja kembangan nya sangat elegan bukan. Kami menyebut kembangan ban itu dengan pattern.  Biasanya ban ini digunakan untuk mobil-mobil sporty. Sayangnya bekasi hanya melahirkan 1 size. Memang sih ban seperti ini seharusnya diproduksi di karawang plant.
Potensa RE-003

Mengenai partner kerja di awal 2015 juga dirotasi lagi. kali ini aku bersama bapak andi. Dia juga orang baru di size baru sehingga masih perlu belajar banyak. Bersama pak andi kami melahirkan ECOPIA R680. Hanya 2 size saja. Ban ini khusus untuk mobil angkutan barang. dengan tujuan pengiriman jepang replace. Walaupun untuk angkutan barang namun hambatan gulir (Rolling Resistance) juga harus dilakukan pengetesan.
ECOPIA R680
Pada pertengahan tahun 2015 aku mulai bekerja hanya dengan bapak indra, Sudah menjadi kebijakan pabrik dengan tenaga seminimal mungkin dapat menghasilkan untung semaksimal mungkin. Walaupun sedikit terseok-seok dalam bekerja di lapangan, namun semua bisa berjalan on schedule.

Proyek selanjutnya adalah melahirkan size TECHNO, Secara kontruksi hampir mirip dengan ECOPIA, demi bisa bersaing di dunia bisnis ban yang sangat ketat mau tak mau bridgestone harus memutar otak dengan mengurangi biaya material tapi didapat kualitas ban yang sama bahkan lebih unggul, maka lahirlah size TECHNO ini. , Secara kualitas tidak kalah dengan ECOPIA dan secara penampilan lebih pengkuh. Sampai saat ini sudah 4 size yang sudah masspro walaupun kadang masih susah handling di produksinya. Segera menyusul 4 size 12 inchi yang kemungkinan mulai masspro pada bulan september. 

TECHNO
Oh iya ada 3 size juga yang sudah selesai trial dan siap di mass pro kan. Size ini pattern nya merupakan reingkarnasi dari AR10. Area dinding tire (side wall) tertulis F01, Kalo menurutku kualitas size ini diatas ECOPIA. design kembanganya juga elegan. Namun size ini juga yang membuatku kena miss process hmmmm,,,, entahlah.
F01
Disamping size-size diatas ada juga beberapa size yang sudah kami lahirkan, Ada Super cat dan Bob jane. Kalo ga salah tujuan pengirimanya ke auseania.
BOB JANE
Super Cat
Hanya itu sementara yang dapat kuberikan kepadamu, Sampai saat ini aku masih inggin bekerja bersamamu, ingin menjaga nama baikmu, membesarkan lagi dirimu, menjadi bridgestone yang DANTOTSU yaitu bridgestone yang unggul jauh dari yang lain.



~TERIMAKASIH BRIDGRETONE~

0 comments:

Post a Comment

 

Blogger news

Blogroll

contact

telp : 085714218812 wa : 089623965810