Pages

Friday, August 12, 2016

Angkringan JOGJA

Kuliah malam sudah berjalan lagi di 3 minggu terakir ini. Total aku sudah masuk sebanyak 5 kali pertemuan. Dalam 5 kali pertemuan itu makan malamku pasti di ANGKRINGAN JOGJA. yaitu angkringan yang letaknya di samping sungi irigasi samping PT Sunrise. Dari sekian banyak angkringan yang ada di bekasi, angkringan ini menurutku paling enak dan murah. Tahu dan tempe bacem nya manis, sate usus nya juga empur, jae susu nya juga joss, teh manis e ginastel banget. dan pastinya yang menjadi ciri khas angkrinag adalah sego kucing e yo enak.  Aku sering makan disini selain untuk ganjel perut juga karena mengobati kangen jogja. Suasananya dapet, remang-remang dan kebanyakan yang beli pakai boso kromo. Jadi ngerasa ada di jogja.

Berbicara masalah agkringan memang menjadi cirikhas kota gudeg. Kalo di jogja hiperbolanya itu di setiap sudut kota jogja ada angkringan, itu karena saking banyaknya. Kalo belum ada perubahan, di sepanjang jalan pulowatu-pakem saja ada 8 angkringan. padahal jarak pulowatu-pakem itu cuma 4 km. Nah kalo aku yang paling favorit itu angkringan yang ada di depan SMP 4 pakem. 

 Angkringan sendiri berasal dari kata nagkring. atau duduk atau nongkrong. dan memang seperti itu orang pergi ke angkringan itu tujuan utamanya bukan makan dan minum tapi lebih ke nongkrongnya jagongan ngalor ngidul rajelas. Angkringan memiliki chirikhas tersendiri. nasi yang dijual nasi kucing karean porsinya sedikit mungkin separo porsi makan orang dewasa. Biasanya dalam nasi ada sambel teri atau oseng-oseng tempe. Untuk mendidihkan air menggunakan 3 ceret maka kadang sering disebut cafe tiga ceret. Minumnya jae susu, makanan sampinganya sate usus, sate telur puyuh baceman tempe tahu, ceker, kepala ayam dan gorengan. Bukanya sore sampai malam, peneranganya biasanya memakai lampu pijar. Walaupun sekarang banyak angkringan yang sudah dimodif sedemikaian rupa dengan menambah wifi, trus buka dari pagi sampai malam, dll 


Dulu kalo ga salah di malam minggu jam 18,00 ada acara OBROLAN ANGKRING di TVRI Jogja, Acara lawak dengan pemainya seperti dalijo, junet, wisben, mbok beruk, gareng rakasiwi. Berikut adalah lirik lagu pembuka dalam acara obrolan angkring.
sumber youtube


warung angkring, sebutane
ra ngintelek sek mesti do di kangeni
mahasiswa, tukang becak, seniman, senewen
kabeh kumpul dadi siji dogayenge
ngobrol rono ngobrol rene koyo ahli
wusanane ngrasani gone tanggane
sing waspodo ojo do sembrono
salah ngomong iso diciduk pulisi
go monggo jajan wonten mriki
lenggah angkring nyego kucing karo ngopi
monggo-monggo sek rajajan mesti rugi


~JOGJA ISTIMEWA~



0 comments:

Post a Comment

 

Blogger news

Blogroll

contact

telp : 085714218812 wa : 089623965810