Pages

Tuesday, October 1, 2019

Balik Nama Sertifikat Rumah

Sebelum membahas kisaran bea balik nama sertifikat,
saya akan curhat dulu.. hehehehe

Alhamdulillah 3 tahun bekerja aku diberi Allah kemampuan untuk membeli rumah. Rumah yang masih seadanya, hanya cukup untuk berteduh dari hujan dan panas. Itu bahasa hiperbolanya, ya karena memang rumahku masih sederhana sekali. hanya saja lokasi nya sangat strategis sehingga harganya bikin mringis untuk aku yang hanya sebagai buruh pabrik. 

Dalam membeli rumah aku memilih jalur menghindari riba, emang bisa ???
tentu bisa. sudah saya buktikan. 

Caranya
Entah ini semua kebetulan atau tidak, tapi ini memang jalanku.
Aku beli dari teman kerjaku yang sudah sangat senior yang beliau memilih untuk pensiun dini. Waktu itu aku pegang uang 150 jt, tentu masih kurang banyak kalo untuk beli rumah di daerah ring 10 km dari tempatku kerja. Disini rata-rata rumah sudah diatas 300 juta. Nah dengan 150 jt itu aku melobi ke teman ku itu, yang kurang lebih hasil akhirnya seperti ini
Harga rumah alinya 360 juta, karena dicicil maka sepakat 400 jt.
150 jt sebagai DP
masih kurang 250 jt
250 jt diansur 4 tahun, artinya tiap tahun saya harus bayar 60 juta yang artinya tiap bulan 5 juta. 
Selama belum lunas aku belum boleh balik nama sertifikat, tapi sertifikat aku yang pegang.
Beliau sepakat dengan hal itu.

Dan kamipun tidak menggunakan notaris saat kesepakatan ini. Hanya menggunakan perjanjian gunakan materai 6000. 3 tahun sudah berjalan.

Dalam perjalanan 3 tahun tidaklah seenjoy yang aku bayangkan, rasa was-was pun ada. Hati orang siapa yang tau. Posisi sudah mencicil rumah tiap tahun, tapi hitam diatas putihnya lemah sekali.

Tapi alhamdulillah per hari ini 1 oktober, aku mencoba proses balik nama dan beliau dapat diajak kerjasama dengan baik. Teman saya ini sekarang tinggal di cirebon dan aku di bekasi. Sebuah gambling luar biasa.

Mulai bulan oktober ini aku akan memproses balik nama sertifikat, dan beliau mau mengirim surat-suratnya (FC KK, KTP dan surat nikah). Berkas-berkas AJB sedang dibuat, tinggal satu step lagi urusan sama beliau. Mendatangkan beliau dari cirebon ke bekasi dengan istrinya untuk ttd AJB (Akta Jual Beli).

Dokumen sudah masuk ke notaris..

Tinggal kita tunggu besok seperti apa

SELANJUTNYA

Masalah bea dengan notaris habis berapa 

ada sedikit bocoran

Aku di perum di wilayah danau marakash dengan harga rumah 400 jt dan bea balik nama sebesar 16 jt. Itu sudah termasuk bea dari sisi pembeli maupun penjual, bea balik nama PBB juga. 

Detailnya akan aku share di postingan lain setelah sertifikatku jadi.

so sabar yaaa,,

Karena di mbah google belum ada referensi perhitungan bea balik nama

Yang ada dari properti, semua hitungannya sama
kurang lebih seperti ini.
pembeli = 5% dari NJOP-NJOPTKP 
penjual = 5% dari harga rumah
tambah bea yang lain..

Wah kalo pakai perhitungan ini tekor sayah,...

Sekali lagi sabar..
Semoga sebulan lagi saya bisa share ..

Dan bisa bantu sobat-sobat ambyar yang sedang mau balik nama sertifikat dengan harga miring.. 

# balik nama sertifikat
# notaris bekasi
# beli rumah syariah
# beli rumah bekasi
# akta jual beli
# hak milik
# hak guna bangunan
# HGB
# AJB
# PPAT
# perhitungan balik nama sertifikat rumah

0 comments:

Post a Comment

 

Blogger news

Blogroll

contact

telp : 085714218812 wa : 089623965810