Pages

Friday, September 23, 2016

LIMBAH B3

Definisi Bahan Berbahaya dan Beracun (B3) menurut PP RI No. 18/1999 tentang Pengolahan Limbah Bahan Berbahaya dan Beracun adalah sisa suatu kegiatan yang mengandung bahan berbahaya dan beracun, yang karena sifat dan atau konsentrasinya, baik secara langsung maupun tak langsung merusak lingkungan hidup, kesehatan, maupun manusia Yang termasuk limbahB3 antara lain adalah bahan baku yang berbahaya dan beracun yangtidak digunakan lagi karena rusak, sisa kemasan, tumpahan, sisa proses, danoli bekas kapal yang memerlukan penanganan dan pengolahan khusus.Bahan-bahan ini termasuk limbah B3. 
Limbah B3 dapat diklasifikasikan sebagai zat atau bahan yang mengandung satu atau lebih senyawa :

o   Mudah meledak (explosive) ;
o   Pengoksidasi (oxidizing);
o   Amat sangat mudah terbakar (extremely flammable);
o   Sangat mudahh terbakar ( highly flammable);
o   Mudah terbakar; (flammable)
o   Amat sangat beracun (extremely toxic);
o   Sangat beracun (highly toxic);
o   Beracun (moderately toxic);
o   Berbahaya (harmful);
o   Korosif (corrosive);
o   Bersifat mengiritasi (irritant);
o   Berbahaya bagi lingkungan ( dangerous to the environment)
o   Karsinogenik/dapat menyebankan kanker (carcinogenic);
o   Teratogenik/ dapat menyebabkan kecacatan janin (teratogenic)
o   Mutagenik/ dapat menyebabkan mutasi  (mutagenic).

Berdasarkan sumbernya, limbah B3 dapat diklasifikasikan menjadi:
  • Primary sludge

     yaitu limbah yang berasal dari tangki sedimentasi padapemisahan awal dan banyak mengandung biomassa senyawa organikyang stabil dan mudah menguap
  • Chemical sludge

     yaitu limbah yang dihasilkan dari proses koagulasi danflokulasi

  • Excess activated sludge

     yaitu limbah yang berasal dari proses pengolahandengn lumpur aktif sehingga banyak mengandung padatan organik berupa lumpur dari hasil proses tersebut

  • Digested sludge

      yaitu limbah yang berasal dari pengolahan biologidengan digested aerobic maupun anaerobic di mana padatan/lumpuryang dihasilkan cukup stabil dan banyak mengandung padatanorganik.

      Limbah mudah meledak adalah limbah yang melalui reaksi kimia dapat menghasilkan gas dengansuhu dan tekanan tinggi yang dengan cepat dapat merusak lingkungan.

    Limbah mudah terbakar adalah limbah yang bila berdekatan denganapi, percikan api, gesekan atau sumber nyala lain akan mudahmenyala atau terbakar dan bila telah menyala akan terus terbakarhebat dalam waktu lama.

Limbah reaktif adalah limbah yang menyebabkan kebakaran karenamelepaskan atau menerima oksigen atau limbah organik peroksida yang tidak stabil dalam suhu tinggi.

Limbah beracun adalah limbah yang mengandung racun yangberbahaya bagi manusia dan lingkungan. Limbah B3 dapat menimbulkan kematian atau sakit bila masuk ke dalam tubuh melaluipernapasan, kulit atau mulut.

Limbah yang menyebabkan infeksi adalah limbah laboratorium yang terinfeksi penyakit atau limbah yang mengandung kuman penyakit,seperti bagian tubuh manusia yang diamputasi dan cairan tubuhmanusia yang terkena infeksi.

Limbah yang bersifat korosif adalah limbah yang menyebabkan iritasipada kulit atau mengkorosikan baja, yaitu memiliki pH sama ataukurang dari 2,0 untuk limbah yang bersifat asam dan lebih besar dari12,5 untuk yang bersifat basa.

0 comments:

Post a Comment

 

Blogger news

Blogroll

contact

telp : 085714218812 wa : 089623965810