Pages

Saturday, May 28, 2016

Bagian dan Fungsi Ban

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas bagian dan fungsi ban. Ban sejak pertama kali ditemukan dengan kontruksi yang sangat sederhana sampai sekarang yang didesain dengan konstruksi yang komplek secara umum memiliki fungsi yang sama.  

Berikut adalah Fungsi ban secara general
1. Menahan beban
Dalam hal menahan beban, tiap-tiap ban memiliki kemampuan yang berbeda-beda. kemampuan ban dapan dilihat pada index yang tercantum pada side wall ban. Biasanya berupa angka-angka. Ban akan dapat menahan beban sesuai denga index yang tertera pada ban  saat tekanan angin pada ban sesuai standar.
2. Meneruskan fungsi kemudi
Ban sangat penting dalam mengontrol arah kendaraan, hal ini akan menentukan kemampuan bermanuver dan kestabilan dalam berkendara. 

3. Meredam guncangan
Tekanan angin sangat berpengaruh dalam meredam guncangan awal sebelum diredam lagi oleh suspensi. Ban tipe radial mampu meredam guncangan lebih baik daripada ban tipe bias, karena  ban radial memang didesain untuk kenyamanan sedangkan bias untuk kekuatan.
4. Meneruskan tenaga mesin dan pengereman
Ban berfungsi untuk meneruskan gaya gerak dan pengeraman ke permukaan jalan, hal ini berkaitan dengan kinerja traksi dan pengereman. Yang berpengaruh dalam hal ini adalah pattern atau kembangan dari ban.
Seiring perkembangan jaman, ban didesain sedemikian rupa dengan kontruksi yang komplek dan tersusun dari puluhan bahan baku. Secara umum ban terdiri dari lembaran benang (plies), sabuk belt, tread, bead dan sidewall. Produsen ban berusaha untuk memberikan desain yang paling kompetitif dalam hal kinerja dan kenyamanan pemakai.
Bagian-bagian ban

BAGIAN & FUNGSI BAN
1. TREAD
Tread atau tapak ban  terbuat dari compound dengan resep tertentu. Pada ban yang masih baru di bagian tread tertulis tanggal buat tread, komposisi compound, code size dan garis berwarna untuk mempermudah dalam pemilahan ban dalam proses produksi. Berikut fungsi tread

  • Menghilangkan panas yang dibangkitkan ban
  • Mengurangi noise
  • Menghilangkan permukaan air jalan
  • Mencekam permukaan jalan waktu pengereman

2. SIDEWALL
Sama dengan tread, sidewall juga terbuat dari compound. Pada area sidewall biasanya tertulis aturan-aturan, serial number, index beban, index kecepatan, perusahaan pembuat, brand, sertifikasi negara misal SNI, CCC, DOT dan dekorasi lainnya. Berikut fungsi side wall:

  • Selama kendaraan berjalan akan melentur terus menerus untuk menopang beban kendaraan. 
  • Melindungi ban dari gesekan dari samping

3. BEAD 
Bead tersusun dari beberapa besi baja yang dilapisi compound dan dibentuk melingkan lalu dibungkus dengan semacam isolasi, fungsi bead

  •  Memberikan kontak yang lunak antara ban dan rim. Dengan adanya “kawat bead” ini kekuatan ban akan bertambah.

4. PLIES
Terbuat dari jajaran benang nilon yang disusun sangat rapi dan dilapisi compound. Jumlah ply pada ban bervariasi, lebarnya pun juga bervariasi, ada yang sebatas sampai atas bead, ada yang sampai tengah sidewall ada yang sampai bawah tread. ply berfungsi untuk menjalankan fungsi ban dalam menahan beban.
5. LINER
Semua ban radial biasanya tube less atau tanpa tube, Terbuat dari compound yang berfungsi untuk mengganti fungsi tube yaitu menjaga agar udara dalam ban tidak keluar. Linner ini terletak pada bagian sisi dalam ban. 
6. STEEL BELT
Ciri khas ban radial adalah adanya steel belt. Terbuat dari jajaran lilitan kawat berbentuk lembaran dan dilapisi karet. steel belt disusun diatas ply dan dibawah tread. Steel belt sangat mendukung kendaraan melaju kencang. Fungsi lainya yaitu:
  • memperkuat kekuatan ban
  • menahan benda tajam yang bisa menembus lapisan ban pada area tread.
Itu tadi sedikit penjelasan mengenai bagian dan fungsi ban

sekian terimakasih :-)



0 comments:

Post a Comment

 

Blogger news

Blogroll

contact

telp : 085714218812 wa : 089623965810