Pages

Saturday, May 14, 2016

aku dan masa kecilku

Dilahirkan di keluarga petani di daerah lereng gunung merapi di kabupaten sleman, masa kecilku tidak bisa terlepas dari semua aktivitas di bidang pertanian. Mulai dari menyiapkan benih padi sampai jual hasil panen pernah saya lalui semua. Simbah dan bapak selain bertani juga memelihara sapi. Sebelum saya bekerja di perantauan, tepatnya 3 tahun lalu, sapi digunakan untuk megawe istilah dari membajak sawah ditempat saya. Selain digunakan untuk membajak sawah sendiri, tidak jarang bapak menjual jasa untuk membajak sawah orang lain. Soal bajak membajak saya sudah ikut bapak seJak TK. Saat kecil  saya hanya naik garu saja, karena belum kuat untuk ngangkut alat bajak itu sendiri. Alat bajak itu ada 2 yaitu garu satu lagi luku. Kalo aktivitas megawe sendiri ada beberapa tahap
1.       Mbedah atau ngluku yaitu proses membalik tanah dengan luku
2.       Nggaru prosess menghancurkan bongkahan tanah hasil ngluku dengan garu
3.       Angkler yaitu proses meratakan permukaan sawah dengan garu

proces nggaru
Semenjak kelas 4 SD saya sudah berani menjalankan sapi untuk membajak, tak jarang muka kena sabetan ekor sapi yang penuh dengan lendut, kalo pas kena mata tuuuuh.. sakitnya tuh disini,, hhiihihihi. Enak tuh kalo jalanin sapi yang ndalan, apa itu “ndalan” bukan jalan ya hehehe.. ndalan itu sapi yang paham kapan dia belok maupun kapan jalan lurus. Kalo dapat sapi yang seperti itutuh tidak begitu capek, tinggal naek doang sambil tarik tambang kanan atau kiri untuk membelokan sambil bilang .. huk huk huk,, giyo giyo giyo,, jak jak jak,, herrrrrrr... 

ngguyangi sapi
Setelah dibajak pasti sapi harus diguyangi istilah memandikan sapi, biasanya ada tempat khusus untuk memandikan sapi, Dulu ada di sungai pojok dusun baratan sekarang udah tidak ada. Sekarang kalo mau memandikan sapi harus jauh di sungai sebelah timur dusun candirejo. Kalo memandikan sapi saya serahkan ke bapak aja dah, takut kena sepak an sapi.. hihihihi..
Sawah yang sudah di bajak pasti ditanami jagung atau kacang di musim kemarau atau padi di musim penghujan. Kalo nanam jagung atau kacang biasanya secara bergotong royong dengan tetangga jadi bisa cepat selesai. Istilah yang ada di saat nanam jagung atau kacang
1.       Nggaris yaitu proses menggaris agar tanaman kacang bisa lurus.
2.       Nggejuk yaitu proses melubangi area tanam dengan menggunakan kayu yang diruncingkan.
3.       Wur yaitu proses menaruh benih pada lubang.
4.       Ngguruk yaitu proses menutup lubang yang sudah ditaruh benih dengan tanah yang ada di sekitarnya.

Kalo sudah jam 10an waktunya menyantap kiriman empunya sawah. Makanya dibawah pohon, piringnya daun pisang dan tanpa sendok alias muluk. Kalo sudah begitu beeeeee  nikmat. Ada nikmat sepoi-sepoi angin sawah, nikmat kebersamaan, dan nikmat makanaya itu sendiri, apalagi yang dimakan gudangan made in mbahku. hehehe. Lupakan urusan mangsa memangsa hehe, Nah selanjutnya kalo udah di tanam, tinggal tunggu kapan waktunya “lep” istilah proses mengairi sawah. Kalo tanaman jagung nih wajib di dangir, yaitu proses menutupi pupuk dan memperkuat tanaman dengan tanah di sekitarnya. Biasanya kalo dangir, tangan kapalan dah hahaha....  Kalo kacang didangir saat rumputnya banyak saja.
mangan gudangan
nggejuk wur dan nguruk saat tanam kacang
nggaris
panen kacang
Udah ah malah nyeritain proses tanam ampe panen jadi lupa substansinya hihi..
Masa kecil yang seru selain ikut megawe bapak adalah mencari mlinjo. Yaaaa mencari mlinjo. Mungkin anak sekarang ga ada yang seperti ini. Dulu tiap musim mlinjo aku dan temen-temen sepantaran kalo musim mlinjo selalu berlomba-lomba untuk cari mlinjo, yaaa lumayan sehari bisa dapat sekilo. Biasanya dikumpulin dulu sampai seminggu. Jika sehari sekilo sebulan 30 kg tinggal kali 2500 dapet dah 75000, lumayan kaaaan,, gimana ga lumayan, dari hasil jual mlinjo aja bisa buat beli sepeda. Kami biasanya nyari mlinjo di pagi hari sebelum berangkat sekolah atau sehabis hujan. Kami nyari mlinjo biasanya berebut hihi,, biasaaaaa bersaing biar dapat yang paling banyak.. pokoknya seru dah,, hehe.
Hal lain yang susah ku lupakan adalah jadi buruh pengangkut padi dari sawah ke rumah pemilik. Mas dedi gombloh masih ingat ga ya sama hal ini. Biasanya kami dikasi uang 500~1000 per karung. Lumayan bisa nambah-nambah uang saku sekolah, tapi saya juga jarang banget jajan juga sih waktu sekolah,, yaaa ditabung dah..
Seruuu sekali masa kecilku hhehehe,, anak jaman sekarang kayanya susah melakukan yang saya lakukan
Dari pengalaman itu semua, pengalaman yang membuatku mengerti apa arti kata “urip prihatin” “urip rekoso” ,maka ada keinginan untuk membantu warga di sekitar dengan apa yang kumampu apa yang kubisa, entah dari ilmuku dari materi dari tenaga,, entahlah, semua itu barulah cita-cita ku saat ini.

“AKU YANG SEKARANG ADALAH AKUMULASI AKU YANG DAHULU”


0 comments:

Post a Comment

 

Blogger news

Blogroll

contact

telp : 085714218812 wa : 089623965810