Pages

Wednesday, March 15, 2017

Pompa air nyala tapi air tidak naik

Seminggu yang lalu pagi-pagi aku menyalakan pompa untuk mengisi bak mandi,  terdengar suara putaran pompa air seperti biasa tapi air tidak keluar.  Waduh mana air habis lagi..  Akirnya pagi itu aku mandi di masjid yang jaraknya tak begitu jauh. 
Di tempat kerja masih kepikiran pompa air yang bermasalah. Hari berikutnya coba pancing dengan air yang mengambil dari masjid juga.  Sudah habis 2 galon tapi pipa ga penuh juga.  Googling sebentar, simbah mengatakan kalo cek valve yang berada di sumur sudah aus,  mmmm gimana yaaa.. 
Akhirnya nanya ke scurity, tukang yang biasa benerin pompa. Selang satu jam tukang datang,  beliau langsung angkat pipa yang masuk sumur,  "waaah ringan ini mas sepertinya valve nya aus,"  ternyata untuk benerin itu harus berdua. 
Caranya,  pipa dipotong lalu pipa yang masuk ke sumur diangkat satu demi satu.  Setelah terangkat semua, ternyata memang benar cek valve rusak.  Selain itu di pipa jet banyak lumpur padatnya.  Mungkin sakin lamanya ga di bersihin dan ga dipakai.  Setelah cek valve di ganti dan pipa dibersihkan, pipa di masukan ke sumur dan di sambung ke pompa. Masukan air untuk mancing, setelah penuh coba hidupkan pompa,  daaaaan airpun mengucur.. 

Alhamdulillah sumber aer sudekat..  Hehehe

Setelah selesai semua biaya jasa dan bahan sebesar 430 rb

Wew mahal juga. Padahal ga sampai dua jam. 

Oke itulah cara penanganan pompa yang cek valve nya aus,  semoga dengan baca post ini bisa membenahi sendiri sehingga lebih irit. 

Sekian semoga bermanfaat

0 comments:

Post a Comment

 

Blogger news

Blogroll

contact

telp : 085714218812 wa : 089623965810