Pages

Sunday, October 9, 2016

Sapi dan Keluargaku


Beternak sapi bagi keluarga kami sudah menjadi usaha sampingan yang turun temurun, selain itu sapi bagi kami sebagai tabungan, alat bajak sawah, klangenan dan kembang latar. 

Dari sisi sapi sebagai tabungan, Masyarakat pedesaan biasa menggunakan hewan peliharaan sebagai "celengan urip" Artinya uang yang ada digunakan untuk membeli sapi dan sewaktu-waktu membutuhkan uang, sapi itu dijual dan pastinya dengan nilai yang lebih tinggi dibanding saat beli.

Sebelum merakyatnya alat bajak bertenaga mesin (traktor) petani dahulu menggunakan sapi untuk membajak sawah, Bagi bapakku, membajak sawah adalah mata pencaharian sampingan, Bapak selain membajak sawah sendiri beliau juga sering membajak sawah orang lain. Dimulai dari berangkat pagi sekitar jam tuju biasanya pulang pada siang hari. Biasanya "sekesuk" dikasih upah 40 ribu. Tapi bapak biasanya ga menerima sebagian upah yang diberikan, Entah apa maksudnya, kadang kesel kalo pas aku pengen dikasi uang sama bapak eeee dia malah menolak rezeki.. entahlah.. Namun sejak 3 tahun silam bapak sudah berhenti membajak, selain aku nya yang sudah bekerja juga karena usia yang 
sudah menua.
sapi untuk bajak

sapi untuk bajak
Sapi klangenan
Apa itu klangenan, tanpa mencari referensi dari manapun klangenan itu adalah piaraan yang mengesampingkan keuntungan, dan hanya sekedar seneng saja kalau punya sapi. Berbeda dengan kembang latar. Bapak sering menyebut sapi buat kembang latar, Sapi yang bapak pelihara dari dulu adalah sapi PO yang mempunyai punuk besar. Sapi ini terlihat gagah dan menawan. sehingga jika sapi ditaruh di "plegungan" bisa memperindah pandangan. Bahkan pesona bunga saja bisa kalah oleh sapi yang bagus, gemuk, besar dan memiliki punuk besar. 
sapi kembang latar
Itu adalah cerita dulu 
Sekarang berbeda cerita, bapak sudah ku masuki virus bisnis .. hahaha..
dimulai dari renovasi kandang yang muat 3 ekor sapi, setelah itu membeli sapi metal yang notabene bapak belum pernah piara sapi jenis ini. Sapi metal memang rakus sehingga sapi jenis ini cepat gemuk dibanding sapi PO. Dan terbukti dengan pakan tambahan seadanya dalam percobaan pertama bapak bisa mendapat untung 3 juta dalam 6 bulan. Ini adalah prospek luar biasa ini tentang bagaimana kita main kuantitas 4,5,6,7,8, atau lebih. Kedepan bapak akan bermain di hari raya idul qurban. 

Beternak dengan ilmu menyenangkan
Beternak tanpa ilmu menyengsarakan
salam ngarit
kandang lama

kandang baru
Sapi metal

0 comments:

Post a Comment

 

Blogger news

Blogroll

contact

telp : 085714218812 wa : 089623965810